Antisipasi Penyebaran Corona, Kadishub Laksanakan Penyemprotan Desinfektan pada Area dan Transportasi Publik

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, Kepala KSOP Kelas IV Padangbai serta jajaran terkait saat melaksanakan monitoring dan penyemprotan desinfektan di Pelabuhan Padangbai pada hari Selasa,17 Maret 2020

Sebagai upaya antisipasi penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19), Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem melaksanakan monitoring dan penyemprotran Desinfektan pada Areal Transportasi Publik bersama jajaran terkait. Hal ini sejalan dengan diterbitkannya Keputusan Bupati Karangasem Nomor 159 / HK / 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan Corona Virus Desease (Covid-19) di Kabupaten Karangasem, dimana Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem ditunjuk sebagai Koordinator Satuan Tugas Area dan Transportasi Publik. Penyemprotan desinfektan dilaksanan pada tanggal 15 Maret 2020 bertempat di Terminal Amlapura dan tanggal 17 Maret 2020 di Pelabuhan Padangbai. Dengan diterapkannya penyemprotan desinfektan, diharapkan dapat meminimalisir potensi penyebaran Corvid-19.

Penyemprotan disinfektan di Terminal Amlapura oleh Aparatur Dinas Perhubungan pada hari Minggu, 15 Maret 2020

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem juga menghimbau kepada masyarakat penyedia ataupun pengguna area dan/atau transportasi publik untuk mengikuti protokol sebagai berikut :

  1. Bila sedang dalam kondisi tidak sehat, jangan mengemudikan kendaraan. Sebaiknya segera memeriksakan diri ke fasyenkes (Fasilitas Layanan Kesehatan)
  2. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan menggunakan air dan sabun, membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok dan mengkonsumsi NAPZA, tidak meludah di sembarang tempat dan hindari menyentuh area wajah yang tidak perlu
  3. Penumpang yang mengalami demam, batuk atau flu, sebaiknya menggunakan masker selama berada di dalam kendaraan.
  4. Lakukan pembersihan menggukanan desinfektan terutama setelah mengangkut penumpang yang mengalami demam, batuk atau flu.
  5. Saat penumpang dengan gejala mirip flu, sarankan penumpang untuk mengenakan masker.
  6. Ukur suhu tubuh setidaknya dua kali serhari pada saat sebelum dan sesudah mengemudi, terutama setelah membawa penumpang yang mengalami demam, batuk atau flu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *